nusakini.com-Malang-Pandemi tidak menghalangi siswa madrasah untuk mengukir prestasi. Tim Ruang Guru IPS MAN 2 Kota Malang berhasil menjadi runner-up Ruang Guru Champion Online Edition 2020. 

Tim MAN 2 Kota Malang beranggotakan lima orang, terdiri atas Ahmad Zaky Mubaarok Mauludi (XII), Fatchurrozi Nurrohman (XII), Fayra Syahrani Atiiqa (XII), Azza Maisha Rani Khoirunnisa (XII IPS 2), dan Nadhif Fenella Yasmin (XI). "Alhamdulillah, setelah melalui tahapan yang panjang, kami berhasil menjadi runner up," terang Kepala MAN 2 Kota Malang Binti Maqsudah di Malang, Senin (07/09). 

Menurut Binti Maqsudah, Ruang Guru Champion Online Edition diikuti oleh siswa sekolah dan madrasah seluruh Indonesia, negeri maupun swasta. Para peserta bersaing secara ketat sebagaimana dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN). 

"Setidaknya ada empat kali proses penyisihan yang harus dilewati, yaitu pada 22, 23,29, dan 30 Agustus. Setiap minggu kompetisi ini diranking," jelas Binti Maqsudah. 

"Peringkat lima besar dari akumulusai hasil penyisihan, berhak masuk babak grandfinal yang dihelat pada 5 September kemarin," sambungnya.  

Karena pandemi, seluruh tahapan kompetisi ini dilakukan secara daring, menggunakan aplikasi Ruang Guru. Pada babak pertama final (5 besar), peserta bergabung dengan ruangan zoom yang telah disediakan. Setiap kelompok menentukkan urutan peserta, dari peserta urutan satu hingga urutan lima. Peserta urutan satu akan bertanding melawan peserta urutan satu dari tim lainnya, demikian seterusnya.  

Dijelaskan Binti Maqsudah, peserta pada babak ini menjawab pertanyaan yang dibacakan oleh host secara berebutan. Setiap urutan akan diberikan tiga pertanyaan. Jumlah pertanyaannya ada 15 soal. Poin tiap pertanyaan adalah 10 poin.  

"Peserta diberikan durasi menjawab selama 30-60 detik/pertanyaan," jelasnya.  

Pada babak kedua, lanjut Kepala MAN 2 Kota Malang, setiap tim diwakili tiga orang sebagai perwakilan tim. Peserta bergabung dengan ruangan zoom yang telah disediakan dan masuk ke babak rebutan. Pertanyaan dibacakan host, lalu peserta menekan bel untuk diberi kesempatan menjawab. Jumlah pertanyaan saat babak rebutan adalah 15 item dengan poin soal 10 poin/pertanyaan dengan durasi menjawab pertanyaan 30-60 detik/pertanyaan.  

"Pada akhirnya tim MAN 2 Kota Malang mendapatkan posisi runner-up dan berhak mendapatkan reward sebesar Rp3.000.000. Total peserta dari kompetisi Ruangt guru ini mencapai 600 lebih sekolah baik dari tim IPA/IPS," tandasnya.(p/ab)